Kajian Produksi Olahan Suwar-Suwir Pada Usaha Rumah Tangga “Vina Madu” Di Desa Kebon Agung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

MUHAMMAD AFTHONUL HAKIM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji produksi olahan suwar-suwir usaha rumah tangga “UD. Vina Madu”: 1) Profil usaha rumah tangga UD. Vina Madu, 2) Faktor-faktor pendukung diusaha rumah tangga UD. Vina Madu, 3). Pelaksanaan Produksi di Usaha Rumah Tangga “UD. Vina Madu”

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang mengangkat judul Kajian Produksi Olahan Suwar-Suwir Pada Usaha Rumah Tangga “Vina Madu” Di Desa Kebon Agung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Hasil penelitian ini meliputi: 1) Profil usaha rumah tangga “UD. Vina Madu”: Usaha rumah tangga suwar-suwir “UD. Vina Madu” adalah produksi suwar suwir salah satu oleh oleh khas Jember. Di Desa Kebon Agung belum ada produksi suwar-suwir tersebut, jenis usaha yang ada di UD. Vina Madu adalah usaha rumah tangga tradisional yang dimiliki oleh pemilik keluarga. 2). Faktor pendukung usaha rumah tangga “UD. Vina Madu”: Transportasi menggunakan roda 4 untuk mengantar bahan baku tape singkong kepada pemilik usaha dan gula pasir serta bahan lainnya. 3). Pelaksanaan Produksi “UD. Vina Madu”: Pelaksanaan Produksi ada perencanaan produksi meliputi perencanaan bahan, perencanaan alat, perencanaan tenaga kerja. Pengendalian produksi meliputi pengendalian bahan, pengendalian alat, pengendalian tenaga kerja, pendalian baiaya dan yang terakhir pengawasan produksi.

Kata Kunci: Kajian Produksi, suwar-suwir, usaha rumah tangga, UD. Vina Madu



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.