PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DI SMKN 3 KEDIRI

AYU ASNA ZULTIFA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan variabel-variabel penelitian sebagai berikut: 1) aktivitas guru; 2) aktivitas siswa; 3) hasil belajar siswa berupa kognitif dan keterampilan siswa; 4) respon siswa, pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan, dengan kompetensi dasar menganalisis telur dan hasil olahannya. Penelitian ini dilakukan di kelas X Jasa Boga 1 SMKN 3 Kediri.

Jenis penilitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu. Penelitian ini diterapkan pada kelas X Jasa Boga 1 dengan jumlah siswa 36 orang. Data dalam penelitian diperoleh dengan beberapa metode yaitu: observasi, tes tulis (pre-test, post-test), dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran memiliki kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaraan memiliki kategori sangat baik. Hasil pre-test dan post-test siswa menunjukkan nilai signifikan 0,00<0,0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Hasil belajar keterampilan berada pada kategori baik. Hasil respon siswa memiliki kategori sangat baik.

Kesimpulan pada hasil penelitian ini yaitu : 1) aktivitas guru memiliki kategori yang sangat baik; 2) aktivitas siswa memiliki kategori yang sangat baik; 3) hasil respon siswa memiliki kategori yang sangat baik; 4) ada peningkatan hasil nelajar kognitif dengan uji paired t test menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) 0,00<0,0.05, serta hasil belajar keterampilan memiliki kategori yang baik.

Kata Kunci : model pembelajaran, problem based learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.