Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keamanan Pangan Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Jombang

ROSITA WIDIARY

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian berjudul penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar keamanan pangan siswa kelas X di SMK Negeri 2 Jombang adalah untuk menjelaskan secara rinci semua aktivitas serta respon siswa pada mata pelajaran keamanan pangan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 Jombang dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan dua siklus penelitian. Hasil penelitian berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar yang diukur berdasarkan pada penelitian siklus 1 dan siklus 2, dan respon siswa. Pengukuran hasil belajar pada penelitian siklus 1 diperoleh rata-rata jumlah 61,79% dan pengukuran hasil belajar pada penelitian siklus 2 diperoleh rata-rata jumlah 75,50%. Hasil penelitian membuktikan dengan jelas dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keamanan pangan.

Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Keamanan Pangan, Siswa Kelas X Jasa Boga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.