PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DI KELAS X JASA BOGA 1 SMK NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO

ARIEL S SIPASULTA

Abstract


Materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di SMK Negeri 1 Buduran Sidoajo ini kurang maksimal mencapai tujuan, dilihat dari hasil belajar, respon peserta didik yang kurang dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Hal tersebut menjadi alasan peneliti menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, 2) aktivitas peserta didik 3) respon peserta didik, 4) hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs, menggunakan desain penelitian One – Shot Case Study. Subjek adalah peserta didik kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo dan berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, angket, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan keterlaksanaan guru dalam pengelolaan kelas mencapai. 83.3%-90% di semua aspek penilaian dan ini dikategorikan sangat baik. Aktivitas peserta didik yang mencakup tujuh aspek ini mencapai hamper semua aspek 100% dikategorikan sangat baik. Hasil tes pre-test mencapai 13.9% sedangkan di post test mengalami meningkatkan belajar 86.1% yang dikategorikan sangat baik. Pada respon peserta didik ini juga mencapai 86.1 % - 97% ini dinyatakan sangat baik. Berdasarkan penlitian ini disimpulan bahwa penenrapan modl NHT pada materi P3K di kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo mampu mengingkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Pembelajaran Tipe NHT, Materi P3K, Aktivitas guru, Aktivitas Peserta didik, hasil belajar,respon peserta did


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.