Pengembangan Buku Pedoman Umum Pencegahan Anemia bagi Anak Usia 6-9 Tahun

MARTHARIA DWI A

Abstract


Dampak anemia cukup berpengaruh dalam proses perkembangan fisik siswa, sehingga perlu pemberian pengetahuan akan penyakit anemia dengan buku pedoman umum pencegah anemia ini. Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan buku pedoman pencegahan anemia bagi anak usia 6-9 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model R&D (Research and Development) yang diadaptasi dari pengembangan model Borg & Gall. Pengembangan ini terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari: potensi masalah, desain produk, validasi yang dilakukan oleh ahli kesehatan sebanyak 1 orang, ahli gizi sebanyak 1 orang dan ahli pendidik sebanyak 2 orang. Pengembangan ini menghasilkan 1 produk buku yang mana buku ini berisi pengetahuan akan anemia terutama pada anak usia 6-9 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan model single one shot case study yaitu dengan memberikan satu perlakuan pada siswa kemudian dilihat hasilnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, beberapa data yang dianalisis yaitu hasil angket dan hasil nilai tes pemahaman siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan buku pedoman ini sangat layak untuk digunakan dengan presentase nilai 83% dari segi tampilan dan desain, sedangkan dari segi isi nilai yang dihasilkan sebesar 81%. Respon orang tua dan guru menunjukkan bahwa buku pedoman ini guru dan orang tua menyatakan buku pedoman ini bermanfaat dan mudah dipahami dengan presentase 100%. Siswa dapat memahami isi buku, hal ini dapat terlihat dari hasil siswa yang tuntas dengan presentase 82% dinyatakan tuntas sedangkan sebesar 18% siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai ketuntasan dari sekolah skor 70. Hal ini menunjukkan bahwa buku pedoman ini layak digunakan dengan presentase nilai ≥81% dinyatakan sangat layak digunakan
Kata kunci : Buku pedoman, anemia, dan penelitian pengembangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.