PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA KOMPETENSI DASAR BUMBU DAN REMPAHUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 4 MADIUN

WAHYU SETIYAWATI

Abstract


Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Bumbu dan Rempah di SMK Negeri 4 Madiun kurang maksimal, dilihat dari aktivitas siswa, proses pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa yang kurang dalam kegiatan belajar mengajaran. Hal tersebut menjadikan alasan peneliti untuk menerapkan pembelajarn kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada Kompetensi Dasar Bumbu dan Rempah. TTW merupakan pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan, hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) aktivitas siswa, 2) aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, 3) hasil belajar siswa, dan 4) respon siswa.
Jenis penelitian ini adalah pre- experimental designs dengan rancangan penelitian one – shoot case study. Subyek penelitian adalah siswa SMK Negeri 4 Madiun kelas X Jasa Boga 1 dengan jumlah siswa 24 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis diskriptif dengan cara menghitung mean (rata-rata) hasil post-test lalu dibandingkan dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada kompetensi dasar bumbu dan rempah yaitu dengan perolehan skor rata-rata persentase sebesar 97,25%. Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajarn sangat baik yaitu dengan skor sebesar 96,58%. Data hasil belajar kognitif siswa yang menerapkan TTW sebanyak 96% siswa tuntas dan 4% siswa lainnya tidak tuntas, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Untuk respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW sangat positif, dimana 98% siswa merespon “ya”, jika dikategorikan maka nilai untuk pembelajaran kooperatif tersebut adalah sangat layak.


Key word: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write (TTW), aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar, respon siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.