POLA KONSUMSI PANGAN POKOK JAGUNG PADA PENDUDUK DESA MONTONGSEKAR, KECAMATAN MONTONG, KABUPATEN TUBAN

SONY SETYAHATI DWI S

Abstract


Jagung merupakan salah satu pangan pokok yang memiliki urutan kedua setelah beras yang dikonsumsi oleh penduduk desa Montongsekar. Karena letaknya yang berada di daerah lahan kering. Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui pola pertanian penduduk; 2) kebiasaan makan penduduk; 3) pola konsumsi pangan penduduk; dan 4) faktor yang mempengaruhi pola konsumsi pangan penduduk desa Montongsekar.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di desa Montongsekar, kecamatan Montong, kabupaten Tuban. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Responden penelitian berjumlah 8 orang terdiri dari perangkat desa 2 orang, sesepuh desa 1 orang, petani 1 orang, penjual nasi jagung 1 orang, masyarakat desa Montongsekar 3 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptf kualitataif yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini  adalah 1) pola pertanian penduduk desa Montongsekar adalah tadah hujan; 2) kebiasaan makan penduduk dipengaruhi oleh cara mendapatkan sumber pangan dan cara mengkonsumsi pangan pokok; 3) pola pangan pokoknya dengan mengkonsumsi nasi jagung tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam dengan penambahan sayur dan lauk pauk. Selain itu jagung juga diolah menjadi kudapan; 4) faktor yang mempengaruhi pola konsumsi dalah faktor geografis, ekonomi, sosial budaya, dan tingkat usia, tingkat kesukaan.


Kata kunci : pangan pokok, penduduk desa, jagung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.