PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGOLAH HIDANGAN DAGING

ANNISA NURUL AINI

Abstract


Demonstrasi merupakan tahap yang penting dalam metode pembelajaran langsung. SMK Negeri 6 Surabaya seringkali tidak mengikutsertakan kegiatan demonstrasi karena keterbatasan waktu dan biaya sehingga perlu adanya media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil belajar siswa serta respon siswa pada penggunaan multimedia interakatif yang diterapkan pada kompetensi dasar mengolah hidangan daging.


Penelitian ini termasuk dalam penelitian Pre-Experimental design yang menggunakan desain penelitian One – Shot Case Study. Subjek Penelitian adalah Siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 6 Surabaya dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Analisis hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa menggunakan skala penilaian Thiagarajan dan Kemp, analisis hasil belajar siswa menggunakan persentase dan analisis hasil respon siswa menggunakan skala Guttman. Media yang digunakan telah divalidasi oleh tiga validator yang ahli dibidang pendidikan, media, serta materi mengolah hidangan daging dengan menggunakan lembar pengamatan.


Hasil pengamatan pengelolaan kelas dinilai sangat baik untuk aktivitas guru persentasenya mencapai 100 %, aktivitas siswa yang terdiri dari empat aspek mencapai 91,67 % yang dapat dikategorikan sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,63 % yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil analisis respon siswa mencapai 95,92 % yang merespon positif terhadap multimedia interkatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 6 Surabaya.


Kata kunci : multimedia interaktif, hasil belajar, mengolah hidangan daging


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.