PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HIDANGAN SEAFOOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JASA BOGA SMK NEGERI 8 SURABAYA

RATNA PRIHATIN

Abstract


Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing adalah model pembelajaran yang diadopsi dari game fisik yang diterapkan dalam pembelajaran dengan cara melempar segumpalan kertas pertanyaan untuk menunjuk siswa yang harus menjawab soal. Pembelajaran pada kompetensi mendeskripsikan hidangan seafood di SMK Negeri 8 Surabaya kurang maksimal dalam mencapai tujuan, dilihat dari hasil belajar, respon siswa dan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menjadikan alasan peneliti untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada kompetensi dasar mendeskripsikan hidangan seafood. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, 2) aktivitas siswa, 3) respon siswa, 4)  hasil belajar siswa.


Jenis penelitian ini adalah pre- experimental design dengan rancangan penelitian one – shot case study. Subyek penelitian adalah siswa SMK Negeri 8 Surabaya  kelas XI Jasa Boga 1 dengan jumlah siswa 24 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan persentase dan t-test.


            Hasil penelitian dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada kompetensi mendeskripsikan seafood menunjukkan bahwa aktivitas guru mendapatkan persentase sebesar 89,58 %, aktivitas siswa sebesar 93,75%, respon siswa sangat positif yaitu sebesar 92,08% siswa merespon “ya” dan  jika dikategorikan maka pembelajaran tersebut sangat layak. Data hasil belajar pengetahuan terbagi menjadi dua, yaitu hasil pre test dan post test. Hasil pre test menunjukkan seluruh siswa tidak tuntas (0%) sedangkan hasil post test menunjukkan sebanyak 87,5% siswa tuntas dan 12,5% siswa lainnya tidak tuntas. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotor menunjukkan 100% siswa tuntas.


 


 


Kata kunci        : Kooperatif snowball throwing, aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar, dan hidangan seafood


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.