PENGARUH PENYULUHAN GIZI TERHADAP SIKAP POLA ASUH GIZI ORANG TUA ANAK USIA DINI (AUD) DI TK IDHATA UNESA

KARTIKA INDRAWATI

Abstract


Anak Usia Dini (AUD) secara umum adalah anak yang berada pada usia 0-6 tahun. Pada masa anak usia dini sering disebut dengan istilah “golden age” atau masa emas karena masa ini sangat menentukan seperti apa mereka kelak jika dewasa baik dari segi fisik, mental maupun kecerdasan. Banyak faktor yang sangat mempengaruhi dalam perjalanan mereka menuju kedewasaan, salah satunya adalah makanan karena makanan berperan dalam pertumbuhan, pemeliharaan jaringan tubuh dan mengganti sel yang rusak. Dalam pemenuhan makanan bagi anak dilihat secara kilas memang tampak mudah tetapi kebanyakan dari para orang tua kurang memperhatikannya dan itu akan berdampak buruk pada tumbuh kembang anak. Oleh karena itu kegiatan penyuluhan perlu dianjurkan untuk dilakukan. Penyuluhan tentang sikap pola asuh gizi dilakukan pada orang tua yang mempunyai anak usia dini usia 4 – 6 tahun khususnya ibu karena ibu orang yang dianggap paling dekat dengan anak, bagaimana pola asuh gizi dalam makanan yang diberikan ibu juga sangat menetukan bagaimana dia kelak dari segi fisik, mental dan kecerdasan.


Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk melihat pengaruh penyuluhan gizi terhadap sikap pola asuh gizi orang tua Anak Usia Dini (AUD). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre test post test design. Penyuluhan tentang sikap pola asuh gizi menggunakan metode ceramah dengan media modul dan power point. Populasi penelitian ini adalah orang tua Anak Usia Dini (AUD) usia 4 – 6 tahun di Taman Kanak IDHATA Universitas Negeri Surabaya khususnya ibu. Analisis data yang digunakan adalah anlisis Uji Wolcaxon dengan program SPSS 18. Berdasarkan analisis data sikap maka diketahui ada pengaruh penyuluhan terhadap sikap pola asuh orang tua Anak Usia Dini (AUD) di Taman Kanak IDHATA Universitas Negeri Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan p = 0,001 dan .


Simpulan dari penelitian ini penyuluhan dengan metode ceramah menggunakan media power point dan modul dapat meningkatkan sikap dari sebagiaan besar orang tua Anak Usia Dini (AUD) di Taman Kanak IDHATA Universitas Negeri Surabaya. Saran dari penelitian ini adalah peningkatan sikap orang tua wali murid Taman Kanak IDHATA Uniersitas Negeri Surabaya setelah diberikan penyuluhan akan sia – sia jika tidak diikuti dengan perubahan sikap pola asuh baik pada anak dan penggunaan metode dan media diharapkan untuk lebih lanjut dapat lebih menarik dan atraktif lagi agar dapat meningkatkan sikap orang tua dengan nilai rata – rata lebih tinggi lagi.


Kata Kunci : Anak Usia Dini (AUD), penyuluhan, eksperimen semu , metode ceramah, media power point dan modul.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.