Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Dengan Kinerja Praktek Pengelolaan Usaha Jasa Boga Pada Siswa SMKN 1 Buduran Sidoarjo

MAZDALENA KUSTIARENI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;(1) hubungan pengetahuan dan motivasi dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo;(2) hubungan pengetahuan dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo;(3) hubungan motivasi dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo.


Jenis penelitian ini adalah hubungan kausal sebab akibat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test untuk mengetahui pengetahuan pengetahuan yang mendasari praktek PUJB,angket dan observasi untuk mengetahui motivasi siswa,serta observasi lembar penilaian kinerja (rubrik) praktek PUJB. Teknik analisis data yaitu statistik non parametrik menggunakan bantuan SPSS 18.00 for windows. Uji validasi menggunakan teknik kolerasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cornbach. Uji normalitas menggunakan nilai klomogornov smirnov.. uji hipoteisi digunakan kolerasi kendall tau.


Hasil uji Validasi dan uji reliabilitas menyebutkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji normalitas maka dapat dinyatakan bahwa jenis penelitian ini termasuk dalam jenis statistik non parametrik karena terdapat satu variabel yang tidak terdistribusi normal yaitu variabel pengetahuan. Hal ini dikarenakan hasil validasi instrumen yang kurang valid.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa;(1) ada hubungan pengetahuan dan motivasi dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo;(2) ada hubungan pengetahuan dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo;(3) ada hubungan motivasi dengan kinerja praktek pengelolaan usaha jasa boga (PUJB) di SMKN 1 Buduran Sidoarjo.


Kata kunci : pengetahuan, motivasi, kinerja praktek PUJB


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.