KEPUASAN PELANGGAN PADA PELAYANAN JASA FACIAL ACNE DENGAN MENGGUNAKAN ALAT LISTRIK DI KLINIK KECANTIKAN dr. RETNAWATI SURABAYA

RULI PUJI ASTUTIK

Abstract


ABSTRAK


Pada dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan pelanggan yang merasa puas.Salah satu bisnis yang trend saat ini adalah jasa di bidang kecantikan ialah Facial.Di klinik Kecantikan dokter Retnawati Surabaya contohnya, masih menjadi salah satu pilihan konsumen untuk melakukan perawatan wajah, karena dari semua komponen yang ada di Klinik Kecantikan dokter RetnawatiSurabaya menjanjikan bahwa tempat perawatan tersebut layak untuk dijadikan tempat perawatan wajah dan tubuh.. Klinik Kecantikan dokter Retnawati Surabaya berupaya menerapkan kualitas pelayanan jasa dan kepuasan konsumen terhadap pelanggan, hal ini dapat dilihat dari jumlah konsumen yang menggunanakan layanan di klinik tersebut. Tujuan penelitian ini ingin mengetahuiKepuasan Pelanggan Pada Pelayanan JasaFacial Acne Dengan Menggunakan Peralatan Listrik di Klinik Kecantikan Dokter Retnawati Surabaya.


Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Instrumen penelitian berupa wawancara yang digunakan untuk mencari data tentang SOP yang ada di Klinik Kecantikan Dokter Retnawati Surabaya, observasi untuk mengamati Pelanggan di Klinik Kecantikan Dokter Retnawati Surabaya, dan lembar angket yang ditujukan kepada 30 responden atau pelanggan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian meliputi kepuasan pelanggan perawatan wajah (Facial) di Klinik Kecantikan Dokter Retnawati Surabaya memperoleh skor rata-rata 3,96 dan dinyatakan baik. Pelayanan jasa perawatan wajah (Facial )di Klinik Kecantikan Dokter Retnawati Surabaya memperoleh skor rata-rata 4,51 dan dinyatakan sangat baik. Kesimpulan berdasarkan analisis data untuk kepuasan pelanggan dan pelayanan jasa kategori tersebut dinyatakan sangat baik karena pelanggan merasa nyaman setelah melakukan facial acne dengan menggunakan alat listrik di Klinik Kecantikan dokter Retnawati Surabaya


Kata Kunci : kepuasan pelanggan, pelayanan jasa, Klinik Kecantikan dr. RetnawatiSurabaya,


 


ABSTRACT


Basically the goal of a business is to create satisfied customers. One business that the current trend is merit in the field of beauty is the Facial. Beauty clinic dr.Retnawati in Surabaya for example, is still one of consumer choice to perform facial treatments, because of all the components in Surabaya retnawati Beauty Clinic doctor promised that the point of care are eligible to be a facial and body treatments. , Beauty Clinic dr.Retnawati Surabaya attempt to implement quality of service and customer satisfaction with the customer, it can be seen from the number of consumers who menggunanakan services at the clinic. The purpose of this study wanted to know Services Customer Satisfaction On Acne Facial Using Electrical Equipment in Beauty Clinic dr.Retnawati Surabaya. This research is quantitative descriptive research. Data collection methods used were interviews and questionnaires. The research instrument is the interview was used to search for data on existing SOP Beauty Clinic dr. Retnawati Surabaya, observation to observe Customers in Beauty Clinic dr.Retnawati Surabaya, and sheets questionnaire addressed to 30 respondents or customers. Data were analyzed using a percentage formula.


The results of customer satisfaction research include facials (Facial) in Surabaya Beauty Clinic dr. Retnawati obtain an average score 3,96 with a good category.  Facial care services (Facial) in Beauty Clinic dr.Retnawati Surabaya obtain an average score 4,51 with a good category. Conclusions based on analysis of data on customer satisfaction and services that category expressed very well because customers feel comfortable and get positive effects after doing facial acne by using power tools in Beauty Clinic dr. Retnawati Surabaya.


Keywords: customer satisfaction, services, Beauty Clinic dr. Retnawati Surabaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.