KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DAN PREZI PADA SUB KOMPETENSI PEWARNAAN ARTISTIK KELAS XII TATA KECANTIKAN RAMBUT

NURAISYA KUSDAYANTI, MUTIMMATUL FAIDAH

Abstract


Abstrak: Dalam proses pembelajaran di kelas siswa kurang memperhatikan ketika guru menerangkan pembelajaran karena proses pembelajaran masih bersifat teacher centered atau pembelajaran hanya berpusat pada guru, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu dengan menggunakan media video dan prezi, yang akan membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Tata Kecantikan Rambut 1 di SMK Negeri 6 Surabaya sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan penilaian media termasuk dalam kategori sangat baik, karena media pembelajaran sesuai dengan tujuan npembelajaran yang akan dicapai, media sesuai dengan ketersediaan bahan media, dan media dapat lebih menarik perhatian siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran Video Dan Prezi, Kelayakan Media Pembelajaran, Pewarnaan Artistik.

Abstract: In the learning process in class students pay less attention when the teacher explains learning because the learning process is still teacher centered or learning is only teacher-centered, therefore this research was aimed to apply learning media by using innovative learning media based on information and communication technology, namely by using media video and prezi, which will make students more interested in paying attention to learning. This type of research is quantitative research. The subjects of the study consisted of 22 twelfth-grade students of Tata Kecantikan Rambut 1 class of SMK Negeri 6 Surabaya. The data collection method used observation, tests, and questionnaires. The data analysis used average formula and percentage. The research shows that media assessment included in the excellent category, because learning media are in accordance with the objectives of learning to be achieved, the media are in accordance with the availability of media materials, and the media can attract students attention.Keywords: Video And Prezi Learning Media, Feasibility of Learning Media, Artistic Coloring.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.