HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN KOSMETIK TATA RIAS WAJAH BERLABEL HALAL

ERMA LIANTIN NINGRUM, MEDA WAHINI

Abstract


Abstrak: Perkembangan dunia kecantikan berhubungan erat dengan peredaran produk kosmetik yang cukup beragam. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, maka produk kosmetik berlabel halal merupakan suatu kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap terkait kosmetik tata rias wajah berlabel halal, serta untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara pengetahuan dan sikap yang dimiliki oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dengan perilaku dalam penggunaan kosmetik tata rias wajah berlabel halal. Jenis penelitian ini adalah cross sectional yaitu penelitian yang dilakukan pada satu titik waktu tertentu (point approach) dan objek penelitian diobservasi hanya satu kali. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 101 mahasiswa perempuan di Universitas Negeri Surabaya dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive dengan pertimbangan mahasiswi aktif selain prodi S1 Pendidikan Tata Rias. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pengetahuan tentang kosmetik tata rias wajah berlabel halal yang dimiliki responden adalah tinggi dengan persentase 61,39%. 2)Persentase sikap sebesar 40,59% yang termasuk dalam kategori cukup. Analisis data korelasi menggunakan Spearman Rho. Hasil statistik uji Spearman Rho memberikan hasil nilai p-value sebesar 0,000 pada hubungan sikap dan perilaku pemilihan kosmetik halal. 3) Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku penggunaan kosmetik tata rias wajah berlabel halal pada mahasiswi Universitas Negeri Surabaya dengan nilai p-value kurang dari α (0,05). Sedangkan keeratan hubungan masing-masing sebesar 0,557 dan 0,706. Koefisien yang dihasilkan bernilai positif yang berarti terdapat hubungan searah.

Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, kosmetik tata rias wajah, label halal

Abstract

The rise of the beauty closely related to the distribution of cosmetic products were quite diverse. As a country that the majority of people are muslims, then halal cosmetic products is a necessity. The purpose of this research is the knowledge and the attitude of related halal make up cosmetics, also to find a correlation or the relationship between knowledge and attitude by Surabaya State University’s students with the behavior in the use of halal make up cosmetics. The research is cross sectional using approach ex post facto and is quantitative research. The total sample that is used is as many as 101 people female undergraduates at the Surabaya State University and the collection of samples was purposive technique in consideration of the sampling method of a college student are active besides Beauty Cosmetology Education undergraduate degree. The result shows that: 1) Knowledge of respondents increasing with the percentage 61,39 %. 2) Percentage of the attitude 40,59 % included in average category. The correlation data analysis using Spearman Rho. 3)The statistics Spearman Rho test results p-value value of 0,000 to relations attitudes and behavior toward halal make up cosmetics. The value of the p-value less than ( 0,05 ) stating that there is a correlation or a significant relation exists between knowledge and attitudes towards behavior respondents in an halal make up cosmetics. A correlation coefficient produced is 0,557 and 0,760. The result also positive which means there are relations in line.

Key words: knowledge, attitude, behavior, make up cosmetics, halal label

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.