IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SUB KOMPETENSI RIAS KARAKTER ORANG TUA

RIA KUSUMA WARDANI, MUTIMMATUL FAIDAH

Abstract


Abstrak

Era teknologi pembelajaran pada masa modern ini telah mengalami banyak perkembangan. Hal ini menyebabakan pembelajaran di sekolah memerlukan pembaharuan agar lebih efektif dan tidak monoton Pembelajaran masih berpusat pada guru belum melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang, nilai belum melampaui jauh dari kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka perlu dilakukan pendekatan model pembelajaran yang berbeda, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 3) peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran rias karakter orang di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XII Kecantikan Kulit 1 SMK Negeri 4 Yogyakarta. Tempat dan waktu penelitian di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada tahun ajaran 2018/2019 di bulan November-Desember 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran rias karakter orang tua di SMK Negeri 4 Yogyakarta memperoleh skor rata-rata yang semakin meningkat setiap siklusnya. Hal ini berarti keterlaksanaan sintaks proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw sudah berjalan dengan sangat baik. 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran rias karakter orang tua di SMK Negeri 4 Yogyakarta berdasarkan penilaian observer mengalami peningkatan setiap siklusnya yang terlihat dari indikator yang ditetapkan. 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran rias karakter orang tua di SMK Negeri 4 Yogyakarta menjadi lebih baik. Pada siklus I masih terdapat siswa yang belum tuntas. Namun pada siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil belajar telah memenuhi standar ketuntasan sekolah dan standar Departemen Pendidikan Nasional.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar kognitif, rias karakter orang tua

Abstract

The era of technology learning has experienced many developments. Ths causes learning in schools to require renewal to be more effective and better. Meanwhile, learning is still teacher centered which means that students do not involve actively and causing low students learning result and students’s score is stil far from minimal completeness criteria. Therefore it is needed to conduct a different approach of learning model to be able to improve students’ learning result and achieve education goal. The aims of this research are (1) to know the implementation of cooperative learning type Jigsaw, (2) to know students’ activity during the process of cooperative learning type Jigsaw, (3) to know the improvement of students’ cognitive learning result in make up old people character subject in SMK Negeri 4 Yogyakarta. This research is experimental study. The subject of the research is third grade skin beauty 1 students of SMK negeri 4 Yogyakarta in academic year 2018/2019 on November to December 2018. Collecting data done by using observation sheet, test, and documentation. Analyzing data use descriptive analysis. Research result show that (1) the implementation of cooperative learning type Jigsaw on make up old people character subject obtain average score which increase in every cycle. This means that implementation of syntax learning process by cooperative model type Jigsaw has run well, (2) students’ activity during the process of cooperative learning type Jigsaw based on observer have increase in every cycle which show from the indicator set. (3) the improvement of students’ cognitive learning result in make up old people character subject in SMK Negeri 4 Yogyakarta become better. Finally, learning result has fulfilled the standard of school completeness and the standard of National Education Department.

Keyword: cooperative learning model type Jigsaw, cognitive learning result, make up old people character


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.