MINAT KONSUMEN TERHADAP NAIL ART HALAL DI COUNTER HALAL NAIL GRESIK

AMELLIA DONASAGITA, MASPIYAH

Abstract


ABSTRAK MINAT KONSUMEN TERHADAP NAIL ART HALAL DI COUNTER HALAL NAIL GRESIK

Nama : Amellia Donasagita

NIM : 14050634016

Program Studi : S1 Pendidikan Tata Rias

Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Maspiyah M.Kes

Perkembangan dunia kecantikan semakin berkembang, terdapat berbagai macam produk yang hadir dalam kosmetik perawatan. Salah satunya dengan perawatan kuku, muslimah hanya menggunakan nail art pada saat “halangan” atau sedang menstruasi, dengan adanya inovasi baru yaitu nail art halal atau kuteks “wudhu-friendly”, nail art kaum wanita yang beragama Islam dapat menggenakan cat kuku setiap harinya, dikarenakan nail art halal terbuat dari bahan polimer istimewa yang dapat tembus udara dan mempunyai pori-pori yang dapat menembus air, sehingga pada saat wudhu air masuk ke pori-pori cat kuku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang minat konsumen terhadap nail art halal di counter halal nail Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan cara teknik pengumpulan data wawancara, sebar kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Pengambilan data wawancara di Counter halal nail terhadap 50 responden. Hasil penelitian adalah minat konsumen terhadap nail art halal dapat diliat dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. (1) Faktor budaya meliputi 2 unsur yaitu unsur melestarikan budaya dan agama yang mempengaruhi responden untuk melakukan perawatan nail art halal dengan memilih cukup setuju pada unsur melestarikan budaya dengan presentase tertinggi yaitu sebesar 80%. (2) Faktor sosial mempengaruhi minat konsumen dalam pemilihan nail art halal karena rekomondasi teman, keluarga dan tempat tinggal, unsur yang paling tinggi adalah unsur keluarga yaitu presentase setuju sebesar 52% (3) Faktor pribadi yang terdiri dari 5 unsur yaitu unsur minat, usia, pekerjaan,ekonomi dan gaya hidup yang mempengaruhi minat konsumen dari presentase yang tertinggi adalah unsur gaya hidup yaitu setuju presentase 60%. (4) Faktor psikologi dinyatakan berperan penting sangat mempengaruhi minat konsumen terhadap nail art halal adalah di counter halal nail terbukti baik dalam pelayanan dan profesional yaitu presentase tertinggi yaitu pada unsur presepsi yaitu presentase sangat setuju sebesar 72%. Semua faktor mempengaruhi minat konsumen terhadap nail art halal di counter halal nail Gresik dengan perolehan nilai presentase tertinggi adalah pada faktor budaya unsur melestarikan budaya.

Kata kunci : Minat konsumen, Nail art halal


ABSTRACT

CONSUMER INTEREST ON HALAL ART NAIL IN HALAL NAIL GRESIK COUNTER

Name : Amellia Donasagita

NIM : 14050634016

Study Program : S1 Undergraduate Education Cosmetology

Department : PKK

Faculty : Engineering

Institution : Universitas Negeri Surabaya

Advisor : Dr. Maspiyah M. Kes

The development of the world of beauty growing, there is a wide range of products are present in cosmetic treatments. One of them with nail care, nail art using only a Muslim at a time when "hitch" or is menstruating, a new innovation that is halal or nail art kuteks "user-friendly" ablution, nail art a Muslim women can paint menggenakan Nail Polish every day, because the nail art halal made from a special polymer that can be translucent and has pores that can penetrate water, so at the moment the ablution water enters into the pores of the nail polish. This research aims to find out about consumer interest against nail art nail in the halal halal counter Gresik. Type of this research is a descriptive quantitative data collection techniques by means of interviews, questionnaires spread/question form, and documentation. Data retrieval interview in kosher Counter nail against 50 respondents. The research results are of interest consumers against halal nail art can diliat from the cultural factors, social, personal and psychological. (1) cultural factors include 2 elements i.e. the elements of preserving culture and religion influence the respondent to do nail art kosher to pick enough to agree on elements of preserving culture with the highest percentage of IE of 80%. (2) Social Factors affect the consumer interest in the selection of nail art lawful because the rekomondasi friends, family and a place to live, the most high elements are elements family i.e. percentage agree of 52% (3) personal Factors which consists of 5 elements that is the element of interest, age, employment, economy and lifestyle that affect the consumer interest is the highest percentage of elements of the lifestyle that is a percentage of 60% agreed. (4) psychological Factors stated instrumental greatly affect consumer interest against the nail art is lawful in the proven nail kosher counter in both the professional services and that is the highest percentage in presepsi elements i.e. the percentage of the very agree of 72%. All factors affecting consumer interest against halal in nail art nail Gresik kosher counter with the highest percentage of the value of the acquisition is on preserving cultural elements of cultural factors.

Keywords: Consumer interest, Halal nail art


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.