PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO

LAKSHITA NINDYA NINGTYAS HUTAMI, MASPIYAH

Abstract


Model pembelajaran langsung dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural sehingga membantu siswa mempelajari keterampilan dasar. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembelajaran langsung dengan media video, 2) mengetahui aktivitas siswa, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan 4) mengetahui respon siswa pada penerapan model pembelajaran langsung dengan media video pada kompetensi dasar perawatan kulit kepala dan rambut di SMKN 2 Jombang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan subyek siswa kelas X Kecantikan 2 SMK Negeri 2 Jombang sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan angket.

Hasil penelitian pada menunjukkan: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran langsung dengan media video mendapatkan nilai rata-rata 35,67 (sangat baik), 2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 89% (sangat baik) dan pada siklus II mendapatkan 97% (sangat baik), 3) hasil belajar siswa pada siklus I terdapat siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan nilai rata-rata 76,2 dan pada siklus II memiliki nilai rata-rata 81,6 dengan ketuntasan 100%, 4) respon siswa mendapat presentase sebesar 90% (sangat baik).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 8%, dan hasil belajar siswa sebesar 5,4.

Kata kunci: penerapan model pembelajaran langsung, media video.






Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.