PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (TQ) PADA KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS X SMA N 1 KAMAL

NOVITA PUTRI PRATIWI

Abstract


 Membaca adalah sebuah kegiatan atau proses yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal ini menunjukkan bahwa membaca merupakan suatu proses berpikir untuk memahami isi teks yang dibaca hingga memperoleh pengetahuan maupun informasi yang baru dari teks tersebut.Seringkali dalam proses membaca, siswa merasa bosan, kurang termotivasi dalam kegiatan membaca. Berawal dari permasalahan tersebut, maka peneliti meneliti tentang model pembelajaran Team Quiz pada keterampilan membaca.


Tujuan penerapan Team Quiz ini ialah melatih siswa untuk aktif bekerjasama dalam setiap kelompoknya.Siswa diberikan kebebasan untuk berpendapat ketika mereka menjadi kelompok penanya, penjawab, maupun penyanggah.


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana proses penerapan model pembelajaran Team Quiz pada keterampilan membaca untuk siswa kelas X SMA N 1 Kamal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Team Quiz pada keterampilan membaca siswa kelas X SMA N 1 Kamal.


Adapun data penelitian berupa hasil observasi guru dan siswa selama penerapan model pembelajaran Team Quiz untuk keterampilan membaca.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Quiz cocok digunakan dalam keterampilan membaca bahasa jerman. Selama 2x pertemuan menunjukkan bahwa siswa dapat memahami isi teks, sehingga siswa dapat mempresentasikan jawaban sesuai teks dengan benar dan tepat secara berkelompok. Selain itu siswa juga mengikuti pembelajaran dengan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Team Quiz. 


Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Quis, Keterampilan membaca


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.