Die Verwendung der Kata Selingkung Lerntechnik zur Wortschatzbeherrschung in der Schreibfertigkeit der Klasse X7 SMA Negeri 12 Surabaya

TIKA IRMADIANSYAH

Abstract


Dalam penelitian ini dikaji tentang penerapan teknik pembelajarn Kata Selingkung dalam penguasaan Kosakata bahasa Jerman dalam keterampilan menulis siswa. Teknik Kata selingkung ini diterapkan untuk membantu siswa dapat menguasai kosakata bahasa Jerman, sehingga membantu keterampilan menulis siswa. Masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimanakah penerapan teknik pembelajaran kata selingkung  pada penguasaan kosakata dalam keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas X7 SMAN 12 Surabaya ?; 2. Bagaimanakah  hasil belajar  siswa dengan penggunaan teknik pembelajaran  kata selingkung  pada penguasaan kosakata dalam keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas X7 SMAN 12 Surabaya?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, dengan data berupa hasil belajar Pre-Test dan Post-Test siswa. Hasil Penelitian : 1. Kendala dalam pelaksanaan penerapan teknik pembelajaran ini yaitu hanya ada 3 siswa mempunyai kamus bahasa Jerman, sehingga kamus tersebut digantikan dengan penggunaan telepon genggam untuk mencari kata selingkungnya di internet; dan setelah diterapkannya teknik pembelajaran kata selingkung siswa mengalami banyak kemajuan dalam penguasaan kosakata dan keterampilan menulisnya, hal tersebut dilihat dari hasil pemberian tugas pada setiap pertemuan; 2. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis, yaitu peningkatan rata-rata pada Pre-test adalah 44,6 menjadi 71,5 pada Post-test. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih kreatif dalam memberikan pengalaman pembelajaran kepada siswa, sehingga dapat menjadi penyemangat dan motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.