PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Risa Liawati, Pradnyo Wijayanti

Abstract


Komunikasi adalah cara penyampaian pesan antar manusia dengan tujuan agar pesan yang akan disampaikan dapat dipahami. Dalam pembelajaran matematika, siswa diharuskan untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan jelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari self efficacy. Instrumen yang digunakan yaitu angket self efficacy, tes kemampuan matematika, tes komunikasi matematis, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa kelas IX dengan self efficacy tinggi dan satu siswa kelas IX dengan self efficacy rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi memiliki komunikasi matematis sebagai berikut.1) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal. 2) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan pernyataan pada soal ke dalam model matematika. 3) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan ide atau relasi matematis untuk menyelesaikan soal yang diberikan. 4) Akurat, tidak lengkap, lancar dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal menuju solusi akhir secara matematis. 5) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan alasan terkait dengan solusi matematika dalam konteks semula. Sedangkan siswa dengan self efficacy rendah memiliki komunikasi matematis sebagai berikut. 1) Akurat, tidak lengkap, lancar dalam menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal. 2) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan pernyataan pada soal ke dalam model matematika. 3)  Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan ide atau relasi matematis untuk menyelesaikan soal yang diberikan. 4) Akurat, tidak lengkap, tidak lancar dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal menuju solusi akhir secara matematis. 5) Akurat, lengkap, lancar dalam menuliskan alasan terkait dengan solusi matematika dalam konteks semula. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa self efficacy yang dimiliki siswa memberi pengaruh terhadap komunikasi matematisnya dalam menyelesaikan soal matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.