PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT

Watik Aprilia Putri, Masriyah Masriyah

Abstract


Masalah merupakan pertanyaan yang dihadapi ketika tidak dapat diselesaikan dengan prosedur rutin. Untuk menyelesaikan masalah matematika membutuhkan analisis atau prosedur lain. Masalah matematika yang sering dijumpai dalam kehidupan salah satunya yaitu masalah segiempat. Menurut Polya, terdapat empat fase proses pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali. Terdapat salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah, yaitu kepribadian seseorang yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP pada materi segiempat yang mempunyai kepribadian ekstrovert atau introvert. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas VII SMP dengan kemampuan matematika yang berbeda, di antaranya satu siswa ekstrovert dan satu siswa introvert. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe kepribadian ekstrovert-introvert yang disebut Myer Briggs Type Indicator (MBTI), tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa ekstrovert tidak mampu melakukan keseluruhan tahapan dalam menyelesaikan permasalahan, siswa hanya mampu pada langkah memahami masalah, namun siswa tidak mampu dalam membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembaliĀ  dan (2) siswa introvert mampu melakukan seluruh tahapan pemecahan dalam menyelesaikan permasalahan, yang mencakup memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, sampai pada tahap memeriksa kembali.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.