PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL HIMPUNAN DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

Maidatuz Zulaihah, Endah Budi Rahaju

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual himpunan ditinjau dari kecerdasan linguistik dan logis-matematis sehingga termasuk penelitian deskripstif kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu empat siswa kelas VII yang terdiri dari dua siswa yang memiliki kecerdasan linguistik dan dua siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kecerdasan majemuk, tes matematika kontekstual yang diberikan kepada dua kelompok siswa linguistik dan logis-matematis, dan wawancara. Kemudian data dianalisis berdasarkan indikator proses berpikir siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa siswa dengan kecerdasan linguistik dapat mengingat dengan mengaitkan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan informasi pada soal yang dihadapi namun kurang tepat, mempertimbangkan informasi yang tidak diperlukan dan dua rencana yang akan digunakan yaitu rumus dan diagram venn, membuat argumen dengan menyebutkan kekurangan dan kelebihan setiap rencana yang dibuat namun kurang lengkap, dan memutuskan menggunakan satu cara yaitu ada yang menggunakan rumus dan ada yang menggunakan diagram venn kemudian menyimpulkan menggunakan bahasa yang sesuai soal. Sedangkan siswa dengan kecerdasan logis-matematis juga dapat mengingat dengan mengaitkan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan informasi pada soal yang dihadapi dengan mengubah informasi soal ke bentuk simbol-simbol yang sesuai dengan pengetahuan sebelumnya, mempertimbangkan informasi yang tidak diperlukan dan dua rencana yang akan dipilih  yaitu rumus dan diagram venn, membuat argumen dengan menyebutkan kekurangan dan kelebihan setiap rencana yang dibuat, dan memutuskan menggunakan satu cara yaitu ada yang menggunakan rumus dan ada yang menggunakan diagram venn kemudian menyimpulkan dengan menggunakan bahasanya sendiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.