PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JOMBANG

Nurul Istiqomah, Tatag Yuli Eko Siswono

Abstract


Peneliti mengambil riset ini untuk mencari tahu tentang pengaruh penerapan pembelajaran model problem based learning pada kemampuan metakognitif dan pemecahan masalah dalam belajar, khususnya mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen bentuk true experiment. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Untuk menguji hipotesis yang dipaparkan pada awal penelitian, teknik pengolahan data untuk riset  ini menerapkan uji-t. Dari runtutan aktivitas penelitian dan pengolahan data tersebut, diketahui bahwa hasil akhir nilai koefisien . Sehingga berpedoman dari hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh pada kemampuan metakognitif. Hasil analisis data lainnya dari pemecahan masalah dalam menyelesaikan persoalan matematika, diketahui  hasil akhir nilai koefisien . Dari hal tersebut dapat disimpulkan lagi bahwa model problem based learning juga berpengaruh terhadap pemecahan masalah dalam menyelesaikan persoalan matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.