MINAT DAN PRESTASI DALAM STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES

TRI ISNA MARTINA VATI LOVA

Abstract


Abstrak


Sistem pendidikan di Indonesia mayoritas masih sangat konvensional. Banyak sekolah yang menerapkan strategi pembelajaran Banking Of Education, yakni pembelajaran yang bersifat searah cendrung pasif dan tidak humanis. Hal tersebut mencetak generasi muda imitatif, tidak mampu berfikir efektif di dalam menghadapi permasalahan, dan tidak inspiratif. Howart Gardner menawarkan strategi pembelajaran Multiple Intelligences, yakni sebuah strategi pembelajaran yang memanfaatkan keunggulan atau kecerdasan yang dimiliki siswa. Dengan strategi ini akan mampu mencetak siswa yang unggul didalam bidangnya, kreatif dan inspiratif, selain itu belajar dengan strategi multiple intelligences mempermudah siswa karena strategi ini mampu memfasilitasi gaya belajar siswa sesuai dengan kecerdasan siswa. Penelitian memaparkan pengaruh antara strategi multiple intelligences terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini mneggunakan kuantitaif deskriptif dengan variabel x (strategi multiple intelligences) dan variabel y (minat belajar), teknik sampel yang digunakan adalah quota sampling, didalam pengumpulan datanya dibantu dengan menggunakan kuisioner dan wawancara, serta menggunakan tekhnik analisis Pearson (Product Moment). Hasil yang diperoleh adalah Strategi Multiple Intelligences memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa dengan cara adanya factor-faktor pendukung penerapan strategi tersebut seperti guru yang ahli dalam mengaplikasikan teknik mengajar dengan multiple intelligences, sarana prasarana yang mendukung dan pengkategorisasian siswa sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki.   


Kata Kunci:Multiple Intelligences, Minat Belajar.


 


Abstract


The education system in Indonesia is still very conventional majority. Many schools are implementing learning strategies Banking Of Education, the learning tends to be unidirectional passive and not humanist. It is the younger generation that tends print imitative, not able to think effectively in dealing with problems, and not inspiring. Howart Gardner's Multiple Intelligences offers learning strategy, ie a strategy that utilizes the advantages of learning or intelligence of the students. With this strategy will be able to print excellent student in the field, creative and inspiring, besides learning to facilitate students' multiple intelligences strategy because this strategy is able to facilitate the student's learning style according to the intelligence of the students. This research is used to see an effect of strategy on multiple intelligences learning interest. This type of research to use these quantitative descriptive variables x (strategy multiple intelligences) and y variables (interest in learning), an engineering sample used was quota sampling, assisted in data collection using questionnaires and interviews, as well as using the technique of analysis Pearson (product moment). The results obtained are Multiple Intelligences Strategies has an influence on students' interest by way of the factors supporting the implementation of the strategy, such as teachers who are experts in applying the techniques of teaching with multiple intelligences, and the infrastructure that supports categorizing students according to intelligence possessed.


Keywords: Multiple Intelligences, Learning Interests.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.