PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B

Dewi Wulansari, Dewi Komalasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan bercerita anak yang masih didominasi dengan kegiatan membaca dan menulis membuat kemampuan bercerita kurang terasah. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan bercerita diperlukan stimulus untuk melatih kemampuan bercerita anak dengan menggunakan mind mapping. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan bercerita pada anak kelompok di TK Ar-Rahmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dan design penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelompok B1 sebagai kelompok Eksperimen sebanyak 16 anak dan B2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test. Dari hasil perhitungan diperoleh Uhitung > Utabel (64,5<75), Berdasarkan analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh menggunakan metode mind mapping secara signifikan terhadap kemampuan bercerita pada anak kelompok B TK Ar-Rahmah Surabaya.

Kata kunci: metode mind mapping, kemampuan bercerita

Abstract

This research in the wake of the ability to tell a child that is still dominated by the activities of reading and writing make less honed storytelling ability. Therefore, to develop the ability to tell the necessary stimulus to train the child's ability to tell by using mind mapping. The purpose of this study is to prove the existence of mind mapping methods influence on the ability to tell a group of children in kindergarten Ar-Rahmah Surabaya. This study uses a quantitative research approach to the type of research Quasi-Experimental Design and design research Nonequivalent Control Group Design. The subjects were a group B1 as many as 16 children experiment group and the control group B2 as many as 16 children. Data collection techniques such as by using observation, testing, and documentation. Data were analyzed using the Mann Whitney U Test. From the calculation Uhitung> Utabel (64.5 <75), Based on the analysis of these data it can be stated that there is the effect of using mind mapping methods significantly affect the ability to tell the children in group B TK Ar-Rahmah Surabaya.

Keywords: mind mapping method, the ability of storytelling

Refbacks

  • There are currently no refbacks.