PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DESA PATIHAN KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN

Winnuly Winnuly

Abstract


Visual Spatial intelligence is an ability to visualize a picture on mine to solve a problem. Achild a need a real things in learning process. Using realia as media in learning process canstimulate the child basic consepts in real experiance to show the activities and coriously inoptimally. Based on the first observation guided by adviser of TK Dharma Wanita, Desa Patihan,Kecamatan Widang, kabupaten Tuban. There are 60 % of 24 students have visual Spatialdevelopment problem such as understanding of direction or pattern, clasification of colors andform, where is in learning of introduction form the teacher only use pictures and worksheet asmedia. This phenomenon as the background of the research to know the effect of using realiamedia to visual spatial intelligence child tof group A TK Dharma Wanita Desa PatihanKecamatan Widang Kabupaten Tuban.This reseach use pre- experimental design with One-Group Pretest-Posttest Design. Thesubject of the research is class A with consist of 24 students, the metode of collecting data issistimatic observation. The technic of data analize is non- parametric with wilcoxon match pairstest.Based on data analize, the result is Tcounting < Ttabel. So the hypotheses of the research isaccepted and can be be explained that the effect of using realia media to visual spatialintelligence child of group A TK Dharma Wanita Desa Patihan Kecamatan Widang KabupatenTuban.

Keywords : Using Realia Media, Visual Spatial Intelligence

ABSTRAK

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan untuk memvisualisasikan gambardidalam pikiran seseorang. Untuk memecahkan suatu masalah anak sangat membutuhkan hal-halyang konkrit pada saat pembelajaran berlangsung. Melalui pembelajaran dengan menggunakanmedia realia ini menstimulasi konsep-konsep dasar melalui pengalaman nyata yangmemungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (coriousity) secara optimal.Berdasarkan hasil observasi awal dengan pembimbing TK Dharma Wanita Desa PatihanKecamatan Widang Kabupaten Tuban bahwa masih terdapat sekitar 60 % dari 24 siswamengalami permasalahan dalam perkembangan kecerdasan visual spasial yang meliputipemahaman arah hadap atau pola, pengelompokan perbedaan warna dan bentuk, dimana saatpembelajaran pengenalan bentuk berlangsung media yang digunakan guru hanya gambar danlembar kerja siswa. Fenomena di lapangan ini yang menjadi latar belakang penelitian untukmengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap kecerdasan visual spasial anak kelompokA TK Dharma Wanita Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban.Penelitian ini menggunakan penelitian pre- eksperimental design dengan jenis One-GroupPretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini kelompok A dengan jumlah 24 anak, metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi sistematis. Teknik analisis data menggunakanteknik analisis non- parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil Thitung < Ttabel . maka hipotesis dalam penelitianini diterima. sehingga dapat dijelaskan bahwa penggunaan media realia berpengaruh terhadapkecerdasan visual spasial anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Petihan Kecamatan WidangKabupaten Tuban.

Kata kunci : Penggunaan Media Realia, Kecerdasan Visual Spasial


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.