PENGARUH MEDIA PAPAN JARI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

HELMA FATRIA, DEWI KOMALASARI

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Papan Jari Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Sidoarjo. Usia 0-6 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan konsep bilangan, karena menginjak usia 0-6 tahun anak sangat peka terhadap rangsangan yang diterima lingkungan. Rasa ingin tahunya yang sangat tinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 10 anak di TK Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan menggunakan pre-experimental design, karena tidak adanya variabel kontrol dengan jumlah sampel sedikit,dengan jenis Tabel Penolong Wilcoxon Match Pairs Text. Penelitian tentang pengaruh media papan jari terhadap mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Sidoarjo termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif karena data yang digunakan berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistika. Hasil analisis menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N= 10 diperoleh Ttabel sebesar 62 (Thitung<Ttabel=0<62) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan jari dapat mempengaruhi dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: mengenal konsep bilangan, media pembelajaran

Abstract:

This study discusses the influence of fingerprint media on the ability of the number concept of children aged 5-6 years in kindergarten Sidoarjo. Age 0-6 years is the right time to introduce the concept of numbers, because at the age of 0-6 years children are very sensitive to stimuli received by the environment. His curiosity is very high. The sample in this study were children aged 5-6 years with a total of 10 children in kindergarten Sidoarjo. This research uses quantitative and uses pre-experimental design, because there are no control variables with a small sample size, with the type of Help Table Match Pairs Text Wilcoxon. Research on the influence of fingerprint media on recognizing the concept of numbers in children aged 5-6 years in kindergarten Sidoarjo included in the quantitative research approach because the data used in the form of numbers and data analysis using statistics. The results of the analysis show that Tcount = 0 is smaller than Ttable with a significant level of 5% with N = 10 obtained Ttable of 62 (Ttest <Ttable = 0 <62) so it can be concluded that the use of finger board media can influence the ability to recognize the concept of numbers in children age 5-6 years.

Keywords: recognize the concept of numbers, learning media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.