PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF JUMOFAN (JUMANJI MODIFIKASI FANTASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

RIZKA AISYAH, NURUL KHOTIMAH

Abstract


Abstrak

Aspek bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang perlu diperhatikan sebab bahasa digunakan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain. Aspek perkembangan bahasa merupakan salah satu dari keenam aspek yang harus dikembangkan di Taman-kanak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Research & Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Peneliti menggunakan R&D level 3 yang bersifat mengembangkan produk yang telah ada. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design yang diterapkan di lembaga TK Bina Tunas Bangsa Surabaya usia 4-5 tahun sebanyak 10 anak. Hasil uji validasi produk diperoleh hasil nilai rata-rata 98,86% dari ahli materi dan nilai rata-rata 100% dari ahli materi. Data uji normalitas menggunakan uji liliefors diperoleh data berdistribusi tidak normal, maka dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Data hasil pretest dan posttest menggunakan uji wilcoxon diperoleh data Thitung < Ttabel (0<8). Simpulannya adalah bahwa Alat Permainan Edukatif JUMOFAN (Jumanji Modifikasi Fantasi) layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, keaksaraan awal, alat permainan edukatif JUMOFAN.


Abstract

Language aspect was one of the children’s development aspects which needed to be noticed because language was used by the children to communicate with other people. The language development aspect was one of six aspects which should be developed in kindergarten. This research had purpose to develop, to test the educational game tools of JUMOFAN product properness and effectiveness. The research method applied in this research was Research & Development stated by Borg and Gall. The researcher used R&D level 3 which behaved to develop the product had been existed. This research used one-group pretest-posttest design which was applied in the Bina Tunas Bangsa kindergarten Surabaya to the children 4-5 years old are 10 children. The result of product validation was obtained the average result 98,86% from media expert and the average value 100% from material expert. The data of normality test used liliefors obtained abnormal distribution data, so it was continued using wilcoxon test. The data of pretest and posttest results using wilcoxon test obtained Tcounted<T table (0<8). The conclusion that the educational game tools of JUMOFAN (Fantasy Jumanji Modification) was proper and effective to be used for enhancing the beginning literacy ability to children 4-5 years old.

Keywords: Research and development, beginning literacy, educational game tools of JUMOFAN


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.