KONTRIBUSI METODE SOSIODRAMA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK

IRMA NOVITA AGNI PUTRI, WULAN PATRIA SAROINSONG

Abstract


Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan kemampuan bahasa anak masih rendah, permasalahan tersebut timbul karena pembelajaran yang diberikan terpusat pada guru dan sebatas LKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan expost facto. Subjek pada penelitian ini sebanyak 32 guru dan 32 orang tua anak di TK Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner online yang disebar menggunakan google form. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan, studi ini menemukan bahwa metode sosiodrama berkontribusi positif terhadap kemampuan bahasa, terutama pada jumlah kosakata yang diucapkan anak untuk mengekspresikan perasannya. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan bahasa anak, dimana setiap satupersen metode sosiodrama yang diterapkan nilai kemampuan bahasa anak meningkat. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap orang tua dan guru dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak, terlebih pada kosakata yang berkaitan dengan pengungkapan ekspresi dan perasaan pada anak.

Kata Kunci: kemampuan bahasa, metode sosiodrama


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.