PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANTI NARKOBA PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN

KARINA DEWI MASITHA, MUHAMMAD REZA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku panduan kegiatan pembelajaran anti narkoba pada anak usia 5-6 tahun untuk guru PAUD yang layak untuk membantu guru dalam merencanakan, sebagai panduan dan referensi dalam mengajarkan pendidikan anti narkoba pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). Subjek dari penelitian ini adalah 30 guru PAUD di Surabaya. Penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur dan angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan layak digunakan dengan presentase penilaian kelayakan materi 82.5% dan kelayakan media 89% yang dikategorikan sangat valid; 2) Uji coba yang dilakukan kepada 30 guru PAUD menunjukkan bahwa buku panduan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam memberikan pendidikan anti narkoba pada anak usia dini dengan presentase 89.5%. Buku panduan kegiatan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini dapat menambah pengetahuan dan informasi guru PAUD dalam menyampaikan informasi dan pembelajaran anti narkoba pada anak didik melalui kegiatan yang terstruktur dan terkonsep sehingga generasi muda Indonesia kedepannya terhindar oleh dampak buruk penyalahgunaan narkoba.

Kata Kunci: pendidikan narkoba, buku panduan, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.