KOMPARASI MEDIA DOMINO EDUKASI KONVENSIONAL DAN DIGITAL KONTEMPORER TERHADAP KOGNITIF ANAK

NOVI ANGGRAENI, WULAN PATRIA SAROINSONG

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas media domino edukasi konvensional dan media domino edukasi digital kontemporer terhadp kognitif anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ASSURE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cross Sectional Survey. Sampel penelitian yang digunakan terdiri dari 135 orang tua anak usia 5-6 tahun. Perolehan data didapat dari pengumpulan menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online melalui google form, dokumentasi berupa desain produk sebelum dan setelah direvisi. Hasil dari penelitian ini adalah dua buah produk media domino edukasi berupa media konvensional dan digital kontemporer yang berupa aplikasi games. Dari hasil survey dan feedback orang menghasilkan bahwa media domino edukasi konvensional dan digital kontemporer sangat berpengaruh terhadap kognitif anak, serta media domino edukasi konvensional dan digital kontemporer layak dan efektif untuk digunakan. Dengan tinggkat keefektifan lebih tinggi media domino digital kontemporer dibanding media domino konvensional. Implikasi penelitian ini adalah pada aspek kebermanfaatan media digital yang positif, dimana perkembangan kognitif anak terbentuk melalui stimulus games kohnitif yang dimainkan oleh anak, sehingga gamification learning dapat diterapkan secara efektif dalam pekembangan kognitif pada anak.

Kata Kunci : domino edukasi, kognitif, anak usia 5-6 tahun

Abstract

This study aims to determine the difference between the effectiveness of conventional educational domino media and contemporary digital education domino media on children aged 5-6 years. This type of research is a type of R&D (researchReaserch and Development) using themodel ASSURE. The trial design used in this study used a Cross Sectional Survey. The research sample used consisted of 135 parents of children aged 5-6 years. Data obtained from the collection using a questionnaire conducted online through Google form, documentation in the form of product design before and after revision. The results of this study are two educational domino media products in the form of conventional and contemporary digital media in the form ofapplications games. From the results of surveys and feedback from parents, the conventional and digital contemporary educational domino media are very influential on childrens cognitive, and contemporary and digital conventional educational domino media are feasible and effective to use. With the higher effectiveness of contemporary digital domino media compared to conventional domino media according tocalculations. The implication of this study is on the positive aspects of digital media, where childrens cognitive development is formed through stimulus games utilizationthat are played by children, so gamification learning can be applied effective in cognitive development in children.

Keywoards: educational domino games, cognitive, children 5-6 years old



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.