Pengembangan media story activity berbasis practical life terhadap kemandirian anak

IQLIMA MULIA PUTRI, WULAN PATRIA SAROINSONG

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui keefektifan Media Praktis yang berbasis Kehidupan Praktis dalam merangsang kemandirian anak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ASSURE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cross Sectional Survey. Peserta yang menjadi target adalah orang tua di Surabaya yang menonton dan mencoba permainan kegiatan cerita. Itu 100 orang tua dari Surabaya. Data diperoleh dan dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan online melalui formulir Google, dan teknik dokumentasi dalam bentuk desain produk sebelum dan sesudah revisi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada media dalam bentuk permainan, yaitu media Story Activity. Dari hasil survei dan umpan balik orang tua menunjukkan bahwa pada tingkat kejelasan instruksi yaitu 3.04, tingkat kesesuaian gambar memiliki rata-rata 3,24, tingkat kualitas teks dan tingkat penjelasan memiliki rata-rata 3,14, yang artinya 51-75 tanggapan orang tua dinyatakan efektif. Kemudian pada daya tarik dan kesesuaian lokasi memiliki nilai rata-rata 3,26 dan tingkat akurasi memiliki nilai rata-rata 3,35, yang artinya mendekati 4, artinya 76-100 tanggapan orang tua sangat efektif. Menurut data, media Berbasis Praktis Kehidupan Hidup untuk anak-anak di TK. Pemilihan media pembelajaran yang tepat mempengaruhi motivasi dan kemandirian belajar anak. Deskripsi kegiatan sehari-hari yang terkandung dalam kegiatan media berbasis kehidupan cerita praktis mampu menjadi kebiasaan anak-anak, sehingga pembelajaran gamifikasi dapat diterapkan secara efektif dalam membentuk kemandirian pada anak.

Kata Kunci: Kemandirian, Practical Life,Anak Usia Dini.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.