Pengaruh Game Menghitung Binatang Terhadap Kemampuan Menghitung Permulaan 1 Sampai 20 Bagi Anak Kelompok B

NADIA DWI ARISTANTI, SRI SETYOWATI

Abstract


Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, membagi, memperbanyak dan sebagainya. Kemampuan menghitung permulaan dapat ditingkatkan melalui game, yakni game menghitung binatang. game menghitung binatang yang digunakan yaitu dengan cara anak memainkan game dengan membilang benda sesuai lambang bilangan yang tertera dalam game. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh game menghitung binatang terhadap kemampuan menhitung permulaan 1 sampai 20 bagi anak kelompok B. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design atau eksperimen kuasi dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 anak terdiri dari kelompok eksperimen B3dengan jumlah 18 anak, dan kelompok kontrol B4 dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menggunakan analisis data statistik SPSS 23.0. Pada uji validitas pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig, < dari 0,05, sehingga butir-butir indikator dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach alpha > dari 0,60 sehingga disimpulkan bahwa butir-butir indikator bersifat reliabel. Pada uji normalitas diperoleh nilai Sig. > 0,05 sehingga disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh game menghitung binatang terhadap kemampuan menghitung permulaan 1 sampai 20 bagi anak kelompok B.

Kata kunci : game menghitung permulaan, menghitung permulaan.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.