Pengaruh Permainan Cublak-Cublak Suweng Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

NIMATUS SOLIKAH, SRI SETYOWATI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan cublak-cublak suweng terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Subyek dari penelitian ini berjumlah 22 anak yang terdiri dari 11 anak kelompok kontrol dan 11 anak kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequavalent Control Group Design dengan menggunakan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data dengan Man-Whitney U-Test. Hasil analisis data yang diperolehdari perhitungan uji Man-Whitney U-Test menggunakan SPSS versi 16, mendapatkan hasil yang diketahui nilai Asymp.Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan signifikan lebih kecil dari 0,05 atau Asymp.Sig. < α (0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dimana nilai kelompok eksperimen lebih tiinggi dibandingkan dengan nilai kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sehingga Ha diterima jadi kesimpulannya ada pengaruh permainan cublak-cublak suweng terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: permainan cublak-cublak suweng, perkembangan sosial emosional, anak usia dini

Abstract

This study aims to determine the effect of cublak-cublak suweng game on the emotional social development of children aged 5-6 years. The subjects of this study were 22 children consisting of 11 control group children and 11 experimental group children. In this study using a quantitative research approach with a Quasi Experimental Design research design with the type of Nonequavalent Control Group Design using two groups namely the control group and the experimental group. Data collection techniques used are observation, documentation and using data analysis techniques with Man-Whitney U-Test. The results of data analysis obtained from the calculation of the Man-Whitney U-Test using SPSS version 16, get results with known valuesAsymp.Sig. (2 tailed) that is equal to 0,000 with the basis of decision making significantly smaller than 0.05 or Asymp.Sig. <α (0.05) then there is a significant difference in the control group and the experimental group, where the value of the experimental group is higher than the value of the control group. Can be concluded thatH0 is rejected, so Ha is accepted, so the conclusion is that there is an influence of cublak-cublak suweng game on the social development of children aged 5-6 years.

Keywords: cublak-cublak suweng game, emotional social development, early childhood



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.