PENGARUH MEDIA KOTAK MUSIK LAGU DOLANAN TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JAWA KELOMPOK B TK UTSMAN BIN AFFAN LAKARSANTRI SURABAYA

ARISKA DWI RAHMAWATI, SRI SETYOWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak musik lagu dolanan terhadap kemampuan kosakata bahasa Jawa pada anak kelompok B di TK Utsman Bin Affan Lakarsantri Surabaya. Subyek dari penelitian ini berjumlah 11 anak kelompok eksperimen dan 11 anak kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan 2 kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan menggunakan teknik analisis data yakni Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data yang diperoleh dari perhitungan uji Mann-Whitney U-Test menggunakan SPSS versi 16, mendapatkan hasil yang diketahui nilai Asymp.Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,000. Dengan dasar pengambilan keputusan apabila Asymp.Sig. < α (0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa media kotak musik lagu dolanan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kosakata bahasa Jawa pada anak kelompok B di TK Utsman Bin Affan Lakarsantri Surabaya.Kata Kunci: media kotak musik, kemampuan kosakata bahasa Jawa, anak usia dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.