PENGARUH PERMAINAN DAKON BERBIJI TIGA BENTUK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B

SITI NURMAZUNITA, SRI SETYOWATI

Abstract


Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh permainan dakon berbiji tiga bentuk geometri terhadap kemampuan berfikir logis anak kelompok B. Penelitian pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Asfiyah dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berfikir logis dengan melalui mengenal bentuk geometri, mengelompokan bentuk geometri dan mengurutkan pola abc-abc. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan Surabaya yang berjumlah 30 anak. Dengan sampel B1 berjumlah 15 anak kelompok eksperimen, sedangkan B2 berjumplah 15 anak kelompok kontrol.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif quasi eksperiment dan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group desain. Subjek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B TK Islam Asfiyah Lidah Wetan Surabaya. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan permainan dakon berbiji tiga bentuk geometri terhadap kemampuan berfikir logis anak kelompok B. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U Test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,000. Maka nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penolakan terhadap Ho mengandung pengertian bahwa ada pengaruh penggunaan permainan dakon berbiji tiga bentuk geometri terhadap kemampuan berfikir logis anak kelompok B.

Kata Kunci: Permainan Dakon Berbiji Geometri, Kemampuan Berfikir Logis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.