Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada kelompok B di TK Labschool UNESA

AFIF IZZA FAUZIYAH, RACHMA HASIBUAN

Abstract


Abstrak

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. Berdasarkan hasil pengamatan, Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat anak kelompok B di TK Labschool UNESA masih belum berkembang secara optimal. Anak belum bisa menjelaskan hubungan sebab-akibat terjadinya suatu fenomena karena anak belum diberikan kesempatan guna melakukan pengembangan terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat tentang fenomena yang terjadi di lingkungannya pada kegiatan pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Pada Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada Kelompok B di TK Labschool UNESA. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur sebagai penunjang analisis dan pembahasan penulisan artikel ini. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penggunaan Metode Eksperimen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat jika diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, terutama pada anak kelompok B usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: metode eksperimen, kemampuan kognitif mengenal sebab-akibat

Abstract

Cognitive abilities denote as the abilities possessed by each individual. Based on observations, the Cognitive Ability in Understanding the Cause-and-Effect Relationship in children of Group B-UNESA Labschool Kindergarten was not optimally developed. Children have not been able to explain the causal relationship of a narrative event because they have not been given the opportunity to develop their cognitive skills in understanding causal events from environment during their learning activities. This problem was believed can be overcome by using the Experimental Learning Method. The aim of this study was to investigate the effects of the Experimental Method with Natural Phenomenon Themes toward the Cognitive Ability in Understanding the Cause-and-Effect Relationship in children of Group B-UNESA Labschool Kindergarten. This reseach methhod used literature studies to support the analysis and discusion of this article. The results showed that the use of the Experimental Method had a significant effect on Cognitive Ability in Understanding Cause-and-Effect Relationship when applied in early childhood learning, especially in children of group B, aged 5-6 years.

Keywords: experimental method, cognitive ability in understanding cause-and-effect relationship




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.