ANALISIS MASALAH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD TERSERTIFIKASI DI KECAMATAN LAMONGAN

HALIMAHTUZ SADIAH NISYATUN ZYURO, DEWI KOMALASARI

Abstract


Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan permasalahan yaitu kompetensi pedagodik guru PAUD tersertifikasi dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi di PAUD di Kecamatan Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru yang telah sertifikasi di PAUD di Kecamatan Lamongan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat permasalahan dalam kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor internal dan eksternal yaitu dari guru yang mempunyai latar belakang sarjana non pendidikan, umur, dan dari tim penyusun perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunannya. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru PAUD tersertifikasi di Kecamatan Lamongan untuk meingkatkan kemampuan kompetensi pedagogic dalam hal menyusun perangkat pembelajaran dan pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan melalui berbagai cara salah satunya kegiatan diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan atau instansi lainnya, serta kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan pembinaan kompetensi pedagogik guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.