ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POHON NERACA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sheilla Ayu Yunita Sukma, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Kemampuan berhitung permulaan merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh anak usia dini. Kemampuan berhitung permulaan bisa ditingkatkan melalui media pembelajaran misalnya dengan menggunakan media pohon neraca. Media pohon neraca digunakan dalam kegiatan konsep bilangan dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui adanya pengaruh media pohon neraca pada kemampuan menghitung permulaan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu literature review yakni menggunakan kajian-kajian pustaka dalam suatu penelitian ilmiah yang berkaitan dengan variabel yang ada dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis beberapa penelitian yang relevan dari artikel terkait yang diperoleh dan disimpulkan. Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini 5-6 tahun yaitu meliputi pengenalan angka, konsep bilangan dan penjumlahan sederhana. Berdasarkan hasil analisis beberapa literatur penelitian relevan diperoleh bahwa penggunaan media pohon neraca dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun, hal tersebut bisa terlihat dari kenaikan hasil pre-test ke post-test pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol serta uji coba lapangan dari hasil pengembangan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika rata-rata penggunaan media pohon neraca dapat meningkatkan kemampuan menghitung permulaan anak usia 5-6 tahun.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.