PENGEMBANGAN CONGKLAK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Wahyu Erna Purwaningtyas, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk, desain prototype dan kelayakan media congklak angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan jenis penelitian Borg&Gall. Namun penelitian pengembangan Borg&Gall dalam penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan produk awal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Penyebaran angket dilakukan untuk memvalidasi produk pada ahli materi dan ahli media yaitu dosen dan guru TK. Teknik analisis menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan perhitungan angket uji kelayakan produk permainan congklak angka diperoleh data 89% dari 55 responden menyatakan permainan congklak angka sangat layak digunakan dan diperoleh data 87% dari 55 responden menyatakan permainan congklak  angka sangat layak digunakan sebagai permainan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan congklak angka dapat menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Saat pandemi Covid-19 berakhir, permainan congklak angka dapat digunakan anak sebagai alat permainan di lembaga sekolah.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.