PENGEMBANGAN DOMINO PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Fitria Novitasari, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk media pembelajaran dengan konsep mengenal ukuran dan binatang beserta makanannya untuk anak TK A yang digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, dan tampilan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan literature review. Penelitian dan pengembangan (RnD) yang digunakan adalah  model ADDIE, tetapi dalam penelitian yang dilakukan dalam artikel ini hanya menggunakan 3 tahap penelitian yaitu (1) Analisis (2) Desain dan (3) Development (Pengembangan).  Untuk melengkapi penelitian ini, dilakukan kajian literatur yang merupakan suatu proses yang dilakukan dengan cara mengkaji secara kritis suatu pengetahuan atau temuan yang terdapat pada bagian literatur beorientasi akademikserta merumuskan kontribusi teoritis mengenai topik tertentu. Penelitian ini mengembangkan kartu domino menjadi kartu domino pintar yang berjumlah 60 kartu. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu domino pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4 – 5 tahun. Hasil penelitian ini yang berasal dari hasil validasi oleh ahli media mendapatkan hasil 89% dengan kategori “Sangat layak/ tidak perlu di revisi”, dan hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil 83% dengan kategori “Sangat layak/ tidak perlu di revisi”, ditambah dengan hasil kajian literatur sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran domino pintar layak digunakan sebagai media dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4 – 5 tahun.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.