ANALISIS PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MEGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN

Sofi Oktavia, Nur Ika Sari Rakhmawati

Abstract


Berfikir logis sangat penting bagi anak untuk dapat mengembangkan sikap ingin tahu, mencerminkan sikap kreatif, mengetahui cara memecahkan masalah, mengenal benda dan lingkungan sekitar, menjadikan anak sebagai penyidik cilik, dan mengembangkan seluruh panca inderanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan berfikir logis anak kelompok B usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu adalah literature review yaitu penelitian yang menggunakan kajian-kajian sumber pustaka. Metode tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi dan kekuatan sumber ilmiah, yang dilakukan dengan sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan cara menganalisis artikel dan jurnal dari beberapa penelitian yang relevan untuk disimpulkan. Kemampuan berfikir logis pada anak usia 5-6 tahun yaitu memiliki pola berfikir yang disebut dengan penalaran hubungan sebab-akibat, mengenal sebab-akibat akan memberikan kesempatan pada anak untuk memahami hasil dari suatu proses suatu objek peristiwa. Hasil penelitian  ini yang berasal dari hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan hasil 90% dengan kategori “Sangat layak”, dan hasil validasi kisi-kisi instrumen mendapatkan hasil 88% dengan kategori “Sangat layak”, ditambah dengan hasil setelah literature diperoleh bahwa dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis anak kelompok B dengan menggunakan metode eksperimen sangat berpengaruh dan dapat mengembangkan aspek perkembangan anak terutama aspek perkembangan kognitif nya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berfikir logis anak kelompok B usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.