PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MITIGASI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sely Anisah Hanan, Muhamammad Reza

Abstract


Pembelajaran mitigasi bencana banjir merupakan kegiatan yang penting untuk anak usia dini yang bermanfaat untuk meminimalisir korban jiwa dan meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan anak dalam menghadapi bencana banjir. Kegiatan pembelajaran mitigasi bencana banjir dapat diberikan pada anak melalui pembelajaran terstruktur dengan menggunakan buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana banjir. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat produk buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bagi guru di Taman kanak-kanak supaya dapat membantu guru mengembangkan kesiapsiagaan bencana banjir pada anak yang berusia 5 sampai 6 tahun. Penelitian ini memakai Model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation) dimana digunakan sebagai suatu proses yang berfungsi untuk kerangka pemandu dalam situasi kompleks. Subjek penelitian ini adalah 20 guru di TK Gresik. Pengumpulan data penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Media buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana banjir layak digunakan untuk pembelajaran mitigasi banjir di sekolah anak usia 5sampai 6 tahun. Analisis hasil dari perhitungan lembaran angket yang didapat dari ahli materi sejumlah 83,9%, dari ahli desain pembelajaran AUD memiliki presentase 93,2% hasil itu dapat masuk dalam kategori sangat valid dan layak dipakai serta media buku panduan telah siap disebarkan dilapangan. Berdasarkan dari hasil perhitungan angket dari 20 guru taman kanak-kanak di Kabupaten Gresik memiliki persentase 80,97% yang dikategorikan layak dipakai sebagai bahan mengajar guru di taman kanak-kanak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana banjir dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Buku panduan mitigasi bencana banjir pada anak usia 5 sampai 6 tahun ini dapat menambah pengetahuan dan informasi guru dalam menyampaikan pembelajaran mitigasi bencana banjr pada anak didik melalui kegiatan terstruktur dan terkonsep sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana banjir pada anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.