PENGARUH MEDIA CARD TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Silvi Putri Anggraini, Mas’udah Mas’udah

Abstract


Salah satu bidang pengembangan kognitif adalah mengenal konsep bilangan, berdasarkan hasil observasi awal kemampuan mengenal konsep bilangan kurang maksimal, hal ini dikarenakan minimnya media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media card table terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Studi literatur ini menghasilkan pembahasan mengenai pengaruh media card table terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui hasil kajian pustaka yang dikuatkan dengan beberapa jurnal ilmiah. Pembahasan menggunakan studi literatur dengan menguraikan, merangkum, menuangkan gagasan dari beberapa sumber pustaka baik berupa teori, temuan dan bahan penelitian yang relevan, menghasilkan pembahasan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 dapat distimulasi dengan media card table. Media card table ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kognitif terutama mengenal konsep bilangan 1-10 dengan cara bermain menggunakan media sesuai tahapan. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan penggunaan media card table sebagai sarana media pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan konsep bilangan melalui membilang dengan menunjuk kartu 1-10, mengurutkan bilangan 1-10, dan memasangkan jumlah kartu dengan lambang bilangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.