IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PLUS ASSALAM SIDOARJO

Zesika Dwi Maghfiroh, Nurul Khotimah

Abstract


Fenomena kegiatan ekstrakurikuler komputer pada anak usia dini telah muncul dilembaga pendidikan anak usia dini salah satunya di TK Plus Assalam Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media komputer dalam mengembangkan kemampuan anak mengenal huruf serta untuk mengetahui hasil dari kegiatan ekstrakurikuler komputer pada anak kelompok A. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi secara langsung, wawancara dengan tiga subyek penelitian serta dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model Miles and Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Implementasi kegiatan ekstrakurikuler komputer di TK Plus Assalam Sidoarjo dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Hasil penelitian implementasi kegiatan ekstrakurikuler komputer dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Plus Assalam Sidoarjo menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler komputer sebagai penunjang anak dalam belajar mengenal bentuk huruf dan bunyi huruf. Berdasarkan data selama enam bulan anak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler komputer terdapat 9 dari 12 anak mampu mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan dengan sangat baik. Penggunaan media game edukatif dalam kegiatan ekstrakurikuler komputer memberikan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak. Kegiatan belajar yang menyenangkan memberikan dampak positif bagi anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.