PENGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA DALAM KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B

Siska Dwi Kusumawati, Mas’udah Mas’udah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literature bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai artikel atau jurnal ilmiah yang berhubungan dengan media balok angka terhadap kemampuan kognitif anak. Berdasarkan hasil pengamatan, kemampuan kognitif berfikir simbolik di TK AL Hikmah surabaya pada kelompok B masih belum berkembang secara optimal. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan suatu permasalahan bahwa anak mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal angka. Permasalahan tersebut timbul dikarenakan penyampaian metode pembelajaran oleh guru yang kurang menarik dan media yang digunakan hanya sebatas LKA. Kondisi permasalahan tersebut, akan mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, diperlukannya suatu media pembelajaran edukatif yang dapat menstimulasi kemampuan anak mengenal angka dan dilakukan dengan cara menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana data diperoleh dan dikumpulkan menggunakan beragam literature data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan konten isi. Hasil studi literature ini menunjukkan bahwa penggunaan media balok angka mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.