MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA LEMINGGIR KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

Mahmudah Yustisiarini

Abstract


Masalah penelitian ini berawal dari observasi di lapangan, diketahui bahwa pengetahuan sains anak di TK Dharma Wanita Leminggir Mojosari-Mojokerto belum optimal. Hal ini terlihat pada saat guru bertanya mengenai materi sains seperti pencampuran warna banyak anak tidak mampu menjawab. Di TK Dharma Wanita Leminggir pembelajaran sains yang diberikan kepada anak kurang menarik, guru kurang kreatif dalam memberikan pembelajaran tentang pengetahuan sains. Sering kali pembelajaran sains yang diberikan oleh guru kepada anak dilakukan dengan cara menunjukkan gambar, tanya jawab dan mengerjakan LKA. Pada penelitian ini peneliti memilih metode demonstrasi untuk meningkatkan pengetahuan sains anak. Melalui metode demonstrasi anak secara langsung dapat melihat dan menirukan kegiatan eksperimen (hal ini dapat meningkatkan pengetahuan sains anak). Berdasarkan pada permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adanya peningkatan pengetahuan sains anak melelui metode demonstrasi pada kelompok A TK Dharma Wanita Leminggir. 2) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran sains menggunakan metode demonstrasi pada kelompok A TK Dharma wanita Leminggir.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah kelompok A TK Dharma Wanita Leminggir tahun pelajaran 2013-2014 pada semester ganjil dengan jumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data pada kegiatan sains pada siklus 1 menunjukkan anak yang sudah berhasil 8 anak dan yang belum berhasil 12 anak, sehingga pembelajaran yang dicapai 40 %. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75 %, oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus ke 2. Pada siklus ke 2 diperoleh hasil 90% dengan jumlah 18 anak yang sudah berhasil dan 2 anak yang belum berhasil. Berdasarkan data pada siklus ke 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan sains anak pada kelompok A TK Dharma wanita Leminggir Mojosari-Mojokerto.

Kata kunci: pengetahuan sains, metode demonstrasi

Abstrak

The problem of this study originated from observations in the field , it is known that children in kindergarten science knowledge Wanita Leminggir Kirkcaldy - Mojokerto not optimal . This is seen when the teacher asks about the science of matter such as color mixing many children are not able to answer . In kindergarten science learning Dharma Wanita Leminggir given to children less attractive , less creative teachers in providing learning about science knowledge . Science learning often given by the teacher to the child performed by showing pictures , frequently asked questions and doing LKA . In this study, researchers chose a method demonstration to improve children's knowledge of science . Through direct demonstration method children can see and mimic the experimental activities ( this may increase the child's knowledge of science ) . Based on these problems , this study aims to : 1 ) determine the increase in children's knowledge of science melelui demonstration method in group A kindergarten Dharma Wanita Leminggir . 2 ) describe the implementation of the learning process of science using demonstration method in group A kindergarten Dharma Leminggir women .This study used a Classroom Action Research ( CAR), which is designed in the form of repeated cycles , each cycle comprising four stages , namely planning , implementation , observation and reflection . At each cycle is done 2 meetings . Subjects were group A Dharma Wanita Leminggir Kindergarten 2013-2014 school year in the first semester of the number of 20 children . Data collection methods used were observation and documentation . Data analysis using descriptive statistical methods .Based on the analysis of data on science activities in cycle 1 showed children who had succeeded 8 children and 12 children who have not been successful , so that the learning achieved 40 % . Target achievement of this study is 75 % , therefore this research continues to cycle 2 . In cycles 2 to 90% of the results obtained by the number of 18 children who had succeeded and 2 children who have not been successful . Based on the data in cycle 2 to the expected value of this research has been achieved and expressed successfully . The researcher can conclude that the method can improve the knowledge of science demonstrations in group A kindergarten Dharma Wanita Leminggir Mojosari - Mojokerto .

Keywords : knowledge of science , the demonstration methods


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.