PENGGUNAAN MEDIA DADU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK JENDRAL SUDIRMAN

Vivin Eka Tauriska, Elisabeth Christiana

Abstract


Penelitian pada anak kelompok A di TK Jendral Sudirman Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Dari 20 anak terdapat 6 anak menulis angka tetapi masih terbalik. Kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan belum optimal. Ketika anak menulis angka 3, anak masih keliru dengan menulis angka seperti burung jadi angka 3 tengkurap. Menulis angka 7 masih ada yang terbalik, dan angka 5 seperti huruf s, dan angka 2 lancip seperti bebek. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan media dadu angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Jendral Sudirman Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan stastistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test), dimana jika T hitung < T tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum diberikan treatment adalah 12,4, sedangkan hasil penilaian rata-rata sesudah diberikan treatment adalah 18,6. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan thitung adalah 0 dan ttabel adalah 52 dengan taraf signifikan 5%. Dimana thitung<ttabel yaitu 0<52, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media dadu angka dalam kegiatan pembelajaran lambang bilangan terhadap kemampuan mengebal lambang bilangan pada anak TK kelompok A..

Kata kunci : media dadu angka, lambang bilangan, kelompok A

Abstract

This research is based on implementation of Dice Numbers Media Jendral Sudirman Kindergarten School Surabaya. Implementation of Dice Numbers Media that is hoped to stimulate the ability in recognizing concept of number 1-10 of the first grade students of Kindergarten School. The purpose of this research is to identify the influence of implementation of Dice Numbers Study medium to the ability in recognizing concept of number 1-10 of the first grade students of Jendral Sudirman Surabaya.The writer uses Pre Experiment by One Group Pretest-Posttest Design. She uses observation is the method of data collecs. The technique is non random sampling by sampling saturity. The sampling numbers are 20 students in all group A. she uses statistic nonparametric analysis technique by Wilcoxon Match Pairs Test.The result of this research shows that 12,4 before treatment, but 18,6 after giving treatment. The result of test level Wilcoxon shows tcalculate = 0 and ttabel = 52 in significan 5% . Where as , tcalculate< ttabel = 0<52, so Ho is refused, and Ha is accepted. It means that using Dice numbers media gives positive influence in learning activities. Through the students of Kindergarten group A.

Keywords : Dice numbers media, Numbers, Group A


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.