PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA TEMA SUARA KELAS VIII SMP AL-AMAL SURABAYA

YULIA NINGRUM

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kecakapan hidup siswa, hasil belajar dan respon siswa pada penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe webbed berorientasi kecakapan hidup (life skill). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian menggunakan One group Pre-test Pos-test Design dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Al-Amal, Surabaya  sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian ini  berupa keterlaksanaan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran inkuiri dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran IPA Terpadu berorientasi kecakapan hidup dapat meningkatkan kecakapan berfikir rasional, kecakapan sosial, serta kecakapan akademik. Hasil belajar siswa berupa  aspek kognitif yang terdiri dari  postest mencapai  ketuntasan  91,30% sedangkan pada aspek afektif diperoleh skor rata -rata dari pertemuan I,II, dan III yaitu 89,67; 93,48 dan ; 97,83 dengan kriteria sangat baik. Hasil dari aspek psikomotor memperoleh skor rata-rata pada pertemuan II yaitu 85,52 dan pertemuan III 97,52 kriteria sangat baik. Respon yang baik terhadap penerapan pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed berorientasi kecakapan hidup (life skill) pada tema suara yang menggunakan model pembelajaran inkuiri yang diketahui berdasarkan hasil penyebaran angket dan terbukti siswa yang memberikan jawaban ya atas pernyataan yang diberikan adalah 87,9% dengan kriteria sangat kuat.

Kata kunci : Pembelajaran IPA terpadu model pembelajaran inkuiri,kecakapan hidup siswa

Abstract

This study is aimed to describe learning activity, student’s life skills, learning result and student’s responses on the application of integrated science learning life skills oriented webbed type. This type of research is a descriptive study. The research design is One group pre-test post-test design with are eighth grade A of students at SMP Al-Amal, Surabaya the subject about 23 students. The research resulted that the application of teaching integrated science learning with the inquiry model with the criteria very well. Integrated science learning life skill oriented can improve rational thinking skills, social skills, and academic skills. Student learning result such as cognitive aspects comprising post-test achieve the mastery 91, 30% whereas the affective aspect obtains an average score of the meeting I, II, and III are 89,67; 93,48 and; 97,83 with criteria very well. The results of the psychomotor aspects obtains an average score of 85,52 on the meeting II and 97.52 on the meeting III very well. Good respond on the application of integrated science learning life skill oriented webbed type on the theme “voice” that uses the inquiry learning model is known from the result of the students’ questionnaires which they answer yes to the statement given that is 87,9% with the criteria very strong.

Keywords: Learning IPA integrated inquiry learning model, student’s life skills,


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.