PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

eka yuliati setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Mojokerto setelah diterapkannya model pembelajaran guided inquiry. Sample penelitian yang digunakan adalah kelas VII-G dan kelas VII-H di semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian sikap, lembar penilaian pengetahuan, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kompetensi sikap  kelas VII-G  dan kelas VII-H mencapai ketuntasan 100%. Hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan memperoleh peningkatan dengan skor rata-rata pada kelas VII-G sebesar 0,61, sedangkan kelas VII-H sebesar 0,64  dengan kategori sedang. Hasil belajar pada kompetensi keterampilan mencapai ketuntasan 100%  dengan rata-rata capaian optimum pada kelas VII-G sebesar 3,68 dan kelas VII-H sebesar 3,73.


 


Kata kunci     : Model pembelajaran guided inquiry,  materi kalor dan perpindahannya,  hasil belajar siswa, one group pretest-posttest design.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.